• Khitan bayi dan anak gemuk

Kapan khitan dilakukan? Tidak ada waktu yang dijadikan sebagai waktu yang tepat untuk khitan. Semakin cepat khitan dilakukan maka proses penyembuhan kulit akan lebih cepat. Namun, pada kasus infeksi saluran kemih yang sering terjadi pada bayi dan anak laki-laki menjadi alasan dilakukan khitan lebih dini.

 

Pada pasien gemuk ditemukan permasalahan keadaan penis tertutup lemak sehingga kepala penis terkesan tenggelam.  Namun pada beberapa kasus, mikropenis juga terjadi baik pada anak gemuk atau tidak. Menentukan mikropenis (ukuran penis dibawah normal) dapat diukur dengan alat ukur khusus.  Apakah mikropenis bisa dikhitan?? Tidak ada kontraindikasi, khitan dapat langsung dilakukan. Metode tekhnologi khitan modern memungkinkan pengerjaan khitan pada kasus mikropenis, khitan bayi dan khitan gemuk. khitan dapat dilakukan dengan mudah dibanding dengan metode yang lain.

 

Khitan Gemuk

 

mikro penis

 

mikro penis

 

  • Khitan anak autis, hiperaktif dan retardasi mental

Sering menjadi kendala tersendiri bagi orang tua untuk mengkhitan anak dengan kondisi seperti diatas tersebut. Kondisi khusus tersebut menjadi sulit karna anak cendrung hiperaktif, tidak mau diam terutama saat dikhitan.

Hal ini juga bukan merupakan kontraindikasi. Khitan dapat langsung dilakukan pada anak dengan kondisi tersebut diatas. Metode modern menjadi metode pilihan, namun tetap memperhatikan hal sebagai berikut seperti persetujuan tindakan medis dari orang tua pasien, dilakukan pendekatan psikis oleh dokter kepada anak, membutuhkan bantuan para medis dan keluarga untuk memegang anak saat proses khitan dilakukan karena tetap menggunakan obat bius lokal yang lebih aman.

 

  • Phimosis

Merupakan suatu keadaan dimana ditemukan kulup atau preputium yang menyempit sehingga kepala penis / gland penis tidak bisa keluar sehingga beresiko menyebabkan gangguan aliran kencing.

Gejala yang ditemukan dapat berupa, nyeri saat kencing, aliran kencing yang tersumbat, kulup tampak gembung saat kencing, anak sering demam tanpa penyebab yang jelas

Phimosis merupakan indikasi untuk segera dilakukan khitan terutama pada kasus phimosis total.

 

  • Paraphimosis

Sebuah keadaan lubang kulup penis tidak bisa kembali seperti semula, keadaan ini justru mengakibatkan batang penis terjepit sehingga menimbulkan nyeri bahkan gangguan aliran darah dibatang penis. Kasus ini merupakan keadaan emergency untuk dilakukan khitan, karena jika tidak dilakukan segera jaringan penis akan nekrotik / mati karena tidak mendapat aliran darah.

 

  • Khitan dewasa (muslim dan non muslim)

Indikasi khitan pada medis tidak berdasarkan agama. Khitan dianggap bermanfaat karena menghindari dari resiko terjadinya infeksi saluran kemih, kanker penis dan mencegah terjadinya penyakit menular seksual. Khitan dewasa dapat menghindari resiko terkena kanker mulut rahim bagi wanita pasangan hidupnya.

 

Khitan dewasa dapat dilakukan kapanpun tanpa mengganggu aktifitas.